Sejarah Perjuangan Abu Bakar Sebelum dan Sesudah menjadi Khalifah

Sejarah Perjuangan Khalifah Abu Bakar - Setelah rasulullah wafat, Abu bakar dibai'at menjadi khalifah. orang yang pertama membai'at adalah Umar bin Khathab dan Abu Ubaidah.


Perjuangan Abu Bakar

Abu Bakar menjadi Khalifah selama 2 tahun. Pada tahun 634 M dia meninggal dunia karena sakit. Abu Bakar termasuk kelompok yang paling awal masuk Islam atau dikenal As-sabiqunal-Awwalun.

Perjuangan Abu Bakar Sebelum Menjadi Khalifah


1) Membantu dakwah Rasulullah SAW

Dalam menjalankan dakwah, Abu Bakar menempuh banyak cara sesuai dengan kondisi yang dia hadapi. Diantaranya adalah:


a. Berbicara untuk meyakinkan sasaran dakwahnya

Dengan kelembutan dan keyakinannya, banyak kaumnya yang akhirnya memeluk lslam atas jasa Abu Bakar. Di antaranya nama-nama itu dapat dilihat bawah ini :

  1. Utsman bin Affan 
  2. Sa'id bin Ash
  3. Zubair
  4. Hatib
  5. Abdurrahman bin Auf 
  6. Abu Hudzaifah
  7. Sa'ad bin Abi Waqash 
  8. Waqid
  9. Thalhah 
  10. Bani al-Bukair
  11. Abu Ubaidah 
  12. Ammar
  13. Amir bin Fuhairah 
  14. Shuhaib

b. Menghibur kaum dlu'afa dan orang-orang miskin 


Abu Bakar berusaha menghibur orang miskin dan kaum lemah yang dianiaya oleh musuh-musuh Islam


c. Menyantuni kaum tertindas dengan hartanya 

Beberapa kaum tertindas yang di santuninya dan dibebaskan dari kekejaman tuannya adalah Bilal bin Rabwah dan Amir bin Fuhairah.


d. Membela dan menjaga Rasulullah SAW dalam berdakwah 

Pada waktu Rasulullah SAW berada di salah satu masjid, dia dicekik oleh para musuh dakwah, nyaris saja dia wafat dengan kejadian itu. Abu Bakar yang melihat kejadian itu, langsung membela Nabi SAW sambil berkata: "Apakah kamu akan membunuh seorang laki-laki karena dia menyatakan: Tuhanku adalah Allah?"


2) Meyakinkan dan menjaga aqidah umat atas peristiwa isra Miraj

Setelah Abu Bakar mendengar langsung kisah Rasulullah SAW lengkap dengan menggambarkan keadaan Masjidul Al-Aqsha, Abu Bakar berkata di hadapannya:"Rasulullah, saya percaya"Sejak saat itulah Muhammad SAW memanggil Abu Bakar dengan sebutan ash-Shiddiq.


3) Abu Bakar mendampingi Nabi SAW hijrah dari Mekah ke Madinah


4) Abu Bakar Memimpin Jamaah Haji

Abu Bakar mewakili Rasulullah memimpin 300 jama'ah. Pada saat itu, Rasulullah tidak bisa meninggalkan Madinah, karena sedang menerima delegasi-delegasi dari berbagai negara di Madinah.


5) Abu Bakar memimpin Shalat

Pada saat Rasulullah sakit keras, Bilal datang mengajak Shalat. Akan tetapi,beliau menegaskan: "Suruh Abu Bakar memimpin Shalat!" Dari peristiwa ini banyak orang menduga bahwa Abu Bakarlah yang kelak dikehendaki menjadi pengganti kepemimpinan Rasulullah SAW.


6) Abu Bakar menenangkan kepanikan umat lslam

Setelah Rasulullah SAW wafat, Abu Bakar menenangkan hati Umar bin Khaththab dan seluruh umat lslam  yang masih bingung dengan wafatnya Rasulullah.


7) Pendamping Rasulullah dalam peperangan

AbuBakar dan Umar bin Khaththab adalah pembantu utama Rasulullah dalam Perang Badar. Mereka berdua diangkat sebagai pembantu dekat atau wazir untuk mengatur siasat baru dalam peperangan. 


Perjuangan Abu Bakar Selama Menjadi Khalifah


Pada saat Abu Bakar menjadi khalifah, agama Islam mengalami krisis hebat yang hampir saja merobohkannya. Krisis umat terpecah ke dalam tiga kelompok :

(1) kelompok murtad
(2) para nabi palsu
(3) kelompok pembangkang yang enggan membayar zakat.

Peristiwa wafatnya Rasulullah SAW dijadikan sebagai suatu kesempatan untuk berterus terang yang selama ini tersembunyi dalam hati mereka.Orang-orang yang memiliki iman yang lemah mulai memperlihatan ketidakpatuhannya kepada agama Islam sehingga mereka murtad. Dengan keadaan umat yang seperti itu, diperlukan pemikiran tersendiri untuk penyelesaiannya. Oleh karena itu, Abu Bakar menyiapkan strategi perjuangan sebagai berikut :


1) Memerangi kaum murtad

Peperangan pertama di zaman Abu Bakar adalah menghadang para pembangkang yang tidak mau membayar zakat yang menyerang Madinah. Dengan kesiapan Abu Bakar, Ali, Zubair, Talhah, dan Abdullah bin Mas'ud, serangan mereka dapat disergap dan dipatahkan.


2) Memerangi Nabi palsu

Nabi-nabi palsu lumayan banyak pengikutnya. Mereka pada dasarnya tahu kepalsuan dan kesesatan tersebut, hanya saja mereka tetap ikut bergabung di dalamnya agar bisa kuat menghadapi Quraisy yang dalam anggapan mereka akan memonopoli kekuasaan di tanah Arab. Di antara orang-orang yang mengaku dirinya Nabi adalah.

(1) Musailamah
(2) Aswad al-Ansi di Yaman
(3) Thulaihah bin Khuwailid dari Bani Asad.

Balatentara yang dikerahkan Abu Bakar telah membawa hasil gemilang. Mereka menguasai peperangan yang dikenal dengan Perang Riddah (perang melawan kaum Murtad). Musailamah terbunuh dalam peperangan sengit dengan pasukan Abu Bakar. Dia dapat dibunuh oleh Wahsyi (pembunuh Hamzah, paman Rasulullah SAW dalam Perang Uhud sebelum dia masuk Islam).

Aswad al-Ansi bernasib sama. Pasukannya dapat dilumpuhkan dan dia dapat dibunuh oleh pasukan Abu Bakar.Adapun Thulaihah melarikan diri dalam perang tersebut. Kemudian dia bertobat memeluk Islam kembali pada zaman Umar bin Khaththab. Dengan punahnya kaum murtad dan para nabi palsu, maka persatuan tanah Arab menjadi utuh kembali.


3) Kodifikasi al-Qur'an

Ekspedisi Yamamah (perang melawan Musailamah) merupakan serangan terbesar dalam perang Riddah. Kaum Muslimin yang gugur sebagai syuhada sebanyak 1.200 orang, 39 di antaranya para sahabat besar dan hafal Qur'an.

Dalam Suasana sedih, Umar bin Khaththab mengusulkan pengkodifikasian al-Quran kepada Abu Bakar. Dengan adanya peperangan, dia sangat mengkhawatirkan para penghafal al-Quran banyak yang gugur. Dalam mengkodifikasi al-Qur'an, Abu Bakar menugaskan Zaid bin Tsabit yang sudah menghafal al-Qur'an sejak Rasulullah masih hidup.


4) Perluasan Wilayah Islam

Setelah menyelesaikan urusan dalam negeri, Abu Bakar mulai melakukan perluasan wilayah ke luar Jazirah Arab. Wilayah dan kekuasaan yang sudah berhasil ditaklukkan adalah:
(1) Iraq Khususnya Hirah yang ditaklukkan oleh Khalid bin Walid.
(2) Syria, pasukan kaum Muslimin dipimpin oleh Abu Ubaidah, Amr bin 'Ash, Yazid bin Abi Sufyan, dan Syurahbil.
(3) Kekuasaan Rumawi, yang berhasil dilumpuhkan melalui Perang Yarmuk.

0 Response to "Sejarah Perjuangan Abu Bakar Sebelum dan Sesudah menjadi Khalifah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel