Kejayaan dan Perkembangan Agama Hindu Budha di India

Perkembangan Hindu budha di India - Kejayan Hindu-Budha mulai muncul semasa Dinasti Maurya berkuasa di India. Sebelumnya, sejumlah pusat peradaban Hindu telah berkembang menjadi kerajaan-kerajaan kecil. Di antara kerajaan-kerajaan itu, Magadha tampil sebagai kerajaan terkemuka.


perkembangan hindu budha di india jurnalizindo

Pada tahun 322 SM, tahta Magadha direbut oleh seorang panglima perang bernama Chadragupta Maurya. Peristiwa itu mengawali berkuasanya Dinasti Maurya. Dinasti ini membangun pusat kekuasaan di Pataliputra. Dari kota itulah, Kerajaan Maurya melebarkan kekuasaan, meliputi wilayah India bagian utara, Pakistan, dan Afghanistan.

Di bawah kekuasaan Dinasti Maurya, Hindu dan Budha secara bergiliran menjadi agama dan kebudayaan utama di wilayah kerajaan. Pada awal kekuasaan Maurya, Hindu yang pertama kali diakui sebagai agama kerajaan. Buddha menjadi agama kerajaan saat Raja Ashoka berkuasa.

Pemerintahan Raja Ashoka menandai puncak kejayaan Dinasti Maurya. Kerajaan menjadi makmur, baik secara politik maupun ekonomi. Di bawah Gambar 2-8 Wilayah kekuasaan Dinasti Maurya. Di bawah pemerintahannya, Buddhisme berkembang pesat ke seluruh India. Bahkan Ashoka mempelopori penyebaran Buddhisme ke luar India, seperti Srilanka, Myanmar, dan Cina.

Semenjak Ashoka wafat, Dinasti Maurya mengalami kemunduran. Kemudian, selama 500 tahun, India bergantian dikuasai bangsa Yunani, Kushan, dan Shaka. India kembali bangkit, pada awal abad ke-4 M, saat Chandra Gupta I mendirikan kerajaan sekaligus Dinasti Gupta. Dinasti Gupta memerintah lebih dari 200 tahun.

Kerajaan Gupta mencapai puncak kejayaan Semasa pemerintahan Chandra Gupta II. Ketika itu, Sanskerta berkembang pesat sebagai bahasa sastra. Perkembangan pesat terjadi pula pada matematika, sains, dan astronomi.

Zaman kejayaan Gupta sekaligus merupakan masa keemasan Hinduisme, Hindu diakui sebagai agama dan budaya utama kerajaan. Sebaliknya, Buddhisme agak terdesak, bahkan lebih berkembang di luar India.

0 Response to "Kejayaan dan Perkembangan Agama Hindu Budha di India"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel