Nama Kitab-Kitab Allah SWT, Rasul Penerima, dan Isi Kandungannya

Nama Kitab-kitab Allah, rasul Penerima,  dan Kandungannya - Sesungguhnya Allah Yang Maha Suci mempunyai ajaran-ajaran dan pesan-pesan yang diwahyukan kepada para Rasul dan Nabi-Nya.
kitab Allah dan Kandungan isinya
Al Quran merupakan penyempurna kitab sebelumnya

Di antara ajaran-ajaran yang telah diwahyukan itu ada yang tertulis di dalam kitab-kitab, dan ada pula yang tidak tertulis dalam kitab. Setiap Nabi mempunyai risalah (tugas kerasulan) yang harus disampaikan kepada kaumnya.


Taurat

Taurat adalah kitab yang diturunkan Allah SWT kepada Nabi Musa as. Kitab Taurat tersebut dijadikan sumber hukum bagi kaum nabi Bani Israil. Taurat yang wajib kita imani adalah kitab Taurat yang Allah turunkan kepada Musa, bukan taurat yang telah diselewengkan yang ada pada ahli kitab sekarang.

Kandungan dalam kitab Taurat :

Kitab Taurat pada prinsipnya berisi 10 (sepuluh) peraturan Allah SWT yang kesemuanya sama dengan ajaran agama Islam, kecuali perintah menyucikan hari Sabtu. Kesepuluh peraturan Allah yang harus berlaku bagi kaum Bani Israil (orang Yahudi) terdiri dari 3 perintah dan 7 larangan.

Sepuluh (10) ajaran Kitab Taurat adalah sebagai berikut

  1. Perintah mengesakan Allah
  2. Perintah menghormati ayah dan ibu
  3. Perintah menyucikan hari Sabtu
  4. Larangan menyembah berhala
  5. Larangan menyebutkan nama Allah dengan sia-sia
  6. Larangan membunuh manusia
  7. Larangan berbuat Zina
  8. Larangan mencuri
  9. Larangan menjadi saksi palsu
  10. Larangan mengambil istri orang lain

Zabur

Kitab Zabur diturunkan Allah kepada Nabi Daud as, untuk kaum Yahudi, Kitab ini berisi seruan Allah kepada Nabi Daud agar mengikuti syariat Nabi Musa as dalam kitab Taurat. Kandungan yang terdapat dalam kitab Zabur hanya berlaku bagi Nabi Daud dan kaumnya saja.

Kandungan dalam dalam Kitab Zabur: 

Kitab Zabur yang diturunkan Allah kepada Nabi Daud as, merupakan kitab yang mengikuti syariat Nabi Musa as,yang berisi tentang do'a, dzikir, pengajaran (nasehat) dan hikmah.

Injil

Injil adalah kitab yag diturunkan Allah SWT kepada Nabi Isa as. Injil wajib kita imani (percayai) adalah injil yang asli yang diturunkan Allah langsung kepada Nabi Isa as, bukan kitab yang sudah diselewengkan yang ada pada ahli kitab sekarang. 

Kandungan dalam Kitab Injil:


  1. Perintah untuk kembali mengesakan Allah SWT (Aqidah Tauhid)
  2. Menghapus beberapa hukum dalam Kitab Taurat yang tidak lagi sesuai dengan perkembangan zaman
  3. Menerangkan tentang kedatangan nabi akhir zaman, yaitu Nabi Muhammad SAW


Kitab Suci Al-Qur'an

Al-Qur'an adalah kitab suci yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, melalui Malaikat Jibril secara mutawatir dan berpahala bagi yang membacanya.

Al-Qur'an diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab dan berlaku bagi umat manusia dan seluruh isi alam, berisi seluruh aturan kehidupan dan berlaku sepanjang zaman, dan merupakan penyempurna bagi kitab-kitab sebelumnya. Kitab Suci Al-Qur'an merupakan kitab yang berisi petunjuk bagi manusia, seperti yang Allah firmankan dalam QS Al-Baqarah ayat 1-2.

0 Response to "Nama Kitab-Kitab Allah SWT, Rasul Penerima, dan Isi Kandungannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel