Cara Melakukan Gerakan Guling Depan dalam Olahraga Senam Lantai

Cara Melakukan Gerakan Guling Depan - guling ke depan atau biasa disebut Forwar Roll adalah berguling ke depan atas bagian belakang badan ( tengkuk, punggung, pinggang, punggung, dan panggul bagian belakang). 
Cara melakukaan gerakan guling depan
sumber : imron.web.id
Gerakan guling depan merupakan gerakan yang memindahkan posisi seluruh tubuh ke posisi lainnya sehingga termasuk dalam gerak lokomotor.

Latihan guling ke depan dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan sikap awal jongkok dan dengan sikap awal berdiri. Adapun gerakannya adalah sebagai Berikut :


Guling Depan dengan Sikap Awal Jongkok

1) Sikap permulaan jongkok dengan kedua kaki rapat. Letakkan lutut ke dada dan kedua tangan menumpu di depan ujung kaki kira-kir 40 cm.

2) Luruskan tungkai badan condong ke depan tangan me- numpu, bahu tarik dagu ke dada, letakkan tengkuk pada lantai lebih baik gunakan matras.

3) Gulingkan badan ke depan mulai dari tengkuk, pung- gung, pinggang, dan panggul serta kaki mengikuti gerakan badan.

4) Saat punggung mengenai lantai, bengkokkan tungkai, tarik paha ke dada tangan menolak, gerakan mengguling diteruskan hingga berakhir pada sikap jongkok, tangan melekat pada tulang kering, pandangan lurus ke depan. 


Guling Depan dengan Sikap Awal Berdiri 

1) Sikap awal berdiri menghadap matras, kedua lengan diluruskan ke atas di samping telinga, pandangan meng- hadap ke depan.

2) Meletakkan kedua telapak tangan pada matras, kedua lutut tetap dipertahankan lurus.

3) Kepala dimasukkan di antara kedua lengan, kedua sikut ditekuk ke samping, dan pundak menempel matras.

4) Saat punggung mengenai matras, tangan menolak, tung- kai lurus, paha dekat dengan dada.

5) Gerakan menggulingkan ke depan dilanjutkan dengan melemparkan tungkai ke depan diikuti tolakan tangan, tumpuan tangan di samping paha dekat pantat, badan condong ke depan dagu dekat dada berakhir pada sikap berdiri badan bungkuk.

Demikianlah artikel mengenai cara melakukan gerakan guling depan dalam senam lantai semoga dapat bermanfaat bagi pembaca sekalian.

0 Response to "Cara Melakukan Gerakan Guling Depan dalam Olahraga Senam Lantai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel