Sebab Umum dan Khusus dari Perang Dunia ke II

Perang Dunia II yang terjadi tahun 1939-1945 melibatkan banyak negara, baik di eropa maupun di luar Eropa. Akibatnya, medan peperangan tidak hanya di daratan Eropa saja, tetapi meluas sampai ke wilayah Asia dan Afrika.


sebab sebab perang dunia ke II

Pecahnya Perang Dunia II disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.


Sebab Umum Perang Dunia II

  1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa (LBB) di dalam menjalankan tugasnya.
  2. Munculnya politik aliansi (mencari kawan).
  3. Kekacauan dalam bidang ekonomi.
  4. Munculnya paham ultra nasionalisme (nasionalisme yang berlebilhan).
  5. Jerman tidak mengakui lagi kesepakatan yang dicapai dalam PerundinganVersailles.

Sebab Khusus Perang Dunia II

Berdasarkan Perundingan Versailles, wilayah Prusia Timur, dipisahkan dari Jerman dan dibentuk menjadi negara Polandia. Di tengah-tengah negara Polandia terdapat kota Danzig yang dituntut oleh Jerman, sebab sebagian besar penduduknya adalah orang Jerman. Tuntutan itu ditolak oleh Polandia, bahkan Polandia melakukan perjanjian dengan pihak Inggris, Prancis, Rumania, dan Yunani.

Baca Juga : Akibat Perang Dunia II di berbagai Bidang
Keputusan dari perjanjian itu adalah saling menjamin kemerdekaan setiap negara. Kemudian pihak Jerman mengimbanginya dengan melakukan perjanjian nonagresi dengan pihak Rusia pada tanggal 23 Agustus 1939. Dalam perjanjian nonagresi yang disepak kati antara Jerman dan Rusia disebutkan bahwa kedua negara tidak akan saling menyerang Pada tanggal 1 September 1939, Jerman melancarkan serangan kilat (blitz krieg) terhadap polandia. Serangan Jerman terhadapPolandia inilah yang menjadi pemicu meletusnya Perang Dunia II. Selanjutnya pada tanggal 3September 1939, Inggris dan Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman.

0 Response to "Sebab Umum dan Khusus dari Perang Dunia ke II"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel