Sejarah Asal Usul Bangsa Arab pada Masa Pra Islam

Asal mula suku bangsa arab - Menurut Ibnu Hisyam, semua orang adalah keturunan Nabi Ismail bin Ibrahim (Arab Musta'ribah) dan Qahthan (Arab 'Aribah). Jauh sebelum itu di Jazirah Arab pernah hidup orang-orang Arab yang lebih tua lagi namun semuanya sudah punah. Mereka ialah kaum 'Ad, kaum Tsamud (keduanya disebut dalam al-Qur'an), kaum Jadis, kaum Thasam.dan kaum Imlaq. Mereka inilah yang disebut Arab Ba'idah.

asal usul arab pra islam

1. Arab 'Aribah (Arab Murni)

Mereka berasal dari keturunan Ya'qub bin Ya'shub bin Qahthan, karena itu mereka dikenal juga dengan al-Qahthaniyun. Mereka tinggal di wilayah selatan, yakni Yaman dan sekitarnya. Kelompok ini memiliki kerajaan-kerajaan di Yaman, antara lain Saba, Ma'in, dan Himyar. 

Dua sukunya terbesar adalah Himyar yang anggotanya terdiri dari Bani Zaid al-Jumhur, Qudla'ah, as-Sakasik. Suku kedua adalah Kahlan dengan anggota-anggotanya, antara lain Bani Jurhum, Bani Hamdan, Anmar Tha Kindah. Lakhm,Juzam.al-Azad,Aus dan Khazraj serta Aulad Jufnah yang merupakan penguasa-penguasa di wilayah Syam. 

Persaingan sengit terjadi antara kedua suku besar itu, yang dimenangkan oleh Himyar. Masyarakat ArabrAribah banyak yang berhijrah meninggalkan Yaman. Berbagai faktoryang mendorong hijrah antara lain, runtuhnya bendungan Saba' pada abad ketiga Masehi.

Keturunan Kahlan ada yang berhirah ke Zai Qar, suatu lokasi antara Kufah di lrak dan Wasith di Kuwait, dan setelah mapan, baru mereka pindah ke Madinah. Mereka yang berhijrah menjadi cikal bakal suku Aus dan Khazraj di Madinah. Bani Jufnah pindah ke wilayah Syam yang kemudian keturunannya (Aulad Jufnah) mendirikan Kerajaan al-Ghassasinah yang terletak di perbatasan wilayah Bizantium (sekitar Yordania dan Suriah). Bani Lakhm menjadi penguasa di Hirah.Mereka bermukim di Hirah sekitar Najaf dan Kufah di Irak.

Mereka dikenal memiliki kegiatan budaya dan sastra yang maju. Adapun bani Kindah pindah ke Hadramaut, lalu pindah lagi ke Najd. Bani Jurhum pindah ke Mekah setelah sumur Zam-zam ditemukan oleh Hajar, istri Nabi lbrahim AS. Nabi lsmail AS belajar bahasa Arab dari mereka dan kawin dengan putri dari suku Jurhum.

2. Arab Musta'ribah (Naturalisasi)

Kata Musta'ribah menandakan bahwa mereka telah bercampur darah dengan darah non-Arab, Mereka adalah suku Jurhum yang berdarah_non-Arab adalah Nabi Ismail AS. Keturunan Nabi Ismail AS menjadi penduduk asli kota Mekah. Nabi Muhammad SAW adalah salah satunya. 

Ceritanya.Nabi lbrahim AS berhijrah dari Ur ke Haran yang kini terletak di selatan Turki, berdampingan dengan perbatasan Suriah, menuju ke Palestina yang dijadikannya sebagai pusat da'wahnya. Dia juga berkunjung ke Mesir bertemu denga Fira'un yang dikenal gemar merampas istri pendatang. Namun, Fira'un tidak berhasil mengambil Sarah, istri Nabi Ibrahim AS. Malah dia menghadiahkan kepada Sarah seorang perempuan bernama Haiar yang kemudian menjadi istrinya. Dari perkawinan lbrahim AS dengan Hajar, maka lahirlah Ismail AS.

Salah seorang yang terkemuka dari keturunan Nabi lsmail AS adalah Adnan yang merupakan leluhur Nabi Muhammad SAW. Adnan adalah ke-21 dari rantai keturunan Nabi Muhammad SAW. Kaum Adnaniyyun terbagi menjadi dua golongan besar yaitu Bani RabĂ­'ah dan Bani Mudlar. 

Dari Bani Rabi'ah yang paling terkenal ialah Kabilah Asad (bermukim di lembah Rammah) dan kabilah Wail. Dari Bani Mudlar yang paling terkenal ialah kabilah Qais Ailan bin Mudlir kabilah Tamim, kabilah Hudzail, kabilah Kinanah. Antara orang-orang Bani Rabi'ah dan Bani Mudlar terjadi permusuhan terus-menerus, dan apabila bani Rabiah merasa an erdesak, mereka bersekutu dengan orang-orang Yaman untuk  memerangi Bani Mudlar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel