Arti Kesederhanaan dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Kesederhanaan bukan berarti hidup dengan kekurangan dan serba tidak ada seperti seseorang yang tinggal di gubuk, berpakaian compang-camping, memakai sendal jepit, berbadan dekil, berambut acak-acakan, dan makan singkong. Bukan itu.


sederhana dan manfaatnya

Tidak juga berarti memiliki banyak harta tetapi tidak menikmatinya sama sekali. Seperti seseorang yang mempunyai rumah besar yang indah, kendaraan mobil dan makanan yang bergizi akan tetapi dengan kekikirannya ia memilih hidup di gubuk, berjalan kaki dan makan singkong terus. 


Arti Kesederhanaan 

Kesederhanaan adalah seseorang yang mempunyai harta akan tetapi ia dapat membelanjakannya sekedar kebutuhannya. Hidup sederhana berarti hidup bersahaja, tidak berlebih-lebihan yang didasari oleh suatu sikap mental yang rendah hati, berjiwa sosial dan tidak sombong. Orang yang sederhana adalah orang yang sanggup membawa diri sesuai dengan keadaan dirinya, dengan kemampuannya dan dengan keadaan masyarakat sekitarnya.

Menerapkan pola hidup sederhana akan menumbuhkan rasa kesetiakawanan sosial, jujur, disiplin, hemat dan tidak bergaya hidup mewah. Artinya menerapkan pola hidup sederhana.


Bila kamu dapat hidup dengan pola kesederhanaan kamu akan merasakan kebahagiaan dan menemukan kepuasan batin. Hidup dengan ketenangan dan ketentraman hati.


Jack Trout, pakar pemasaran tingkat dunia, percaya pada kekuatan dari kesederhanaan (The Power of Simplicity). Menurut Trout, orang atau perusahaan yang menerapkan prinsip kesederhanaan justru akan meraih sukses. Dalam pengamatannya, pada prinsipnya manusia menginginkan kesederhanaan (simplicity), dan menghindari kerumitan (complexity). Namun, kenyataannya, masih banyak orang yang tetap mempraktikkan kerumitan.



Manfaat Hidup Sederhana

Banyak manfaat apabila kamu dapat hidup secara sederhana diantaranya:

a. Bagi diri sendiri: berarti kamu telah mampu menyesuaikan pembelanjaan dengan kemampuanmu, terhindarnya hidup boros dan bergaya hidup mewah.


b. Bagi masyarakat: dapat menghilangkan kesenjangan sosial yaitu adanya perbedaan yang mencolok atau adanya jurang pemisah antara si kaya dengan si miskin, sehingga tidak menimbulkan kecemburuan sosial yang berakibat kekerasan dan tindakkan kriminal.


c. Bagi bangsa dan negara: dengan sikap sederhana, kelebihan materi dapat ditabung baik di bank pemerintah, maupun bank swasta sehingga dapat digunakan untuk pembiayaan pembangunan negara.


0 Response to "Arti Kesederhanaan dan Manfaatnya dalam Kehidupan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel