Pengertian Rendah Hati beserta Ciri dan Manfaatnya

Pengertian rendah hati,manfaat dan ciri - Salah satu sifat terpuji yang diajarkan oleh Islam adalah rendah hati. Rendah hati bukanlah rendah diri atau menjatuhkan wibawa dan kepribadian hati. Namun rendah hati merupakan cerminan keluhuran budi.

Mengapa? karena dengan rendah hati kita tidak memandang orang lain rendah dihadapan kita. Coba kita telisik dari asal kata rendah hati berdasarkan kamus Bahasa Arab-Indonesia yang memiliki arti menurunkan, dan merendahkan. Fudhail bin lyadh menyampaikan bahwasanya orang yang rendah hati adalah orang yang tunduk kepada kebenaran, mentaatinya serta menerimanya darisiapa saja yang mengatakannya.


rendah hati ciri dan manfaatnya

Sedangkan Husein ibn Audah Al-Uwaisyah dalam buku At-Tawadhu' wa Manzilatuhu min ad-Din yang ditulis kembali oleh lqbal Irham adalah mematahkan.


Ciri Orang Rendah Hati

Lantas, seperti apakah gerangan sifat-sifat orang yang rendah
hati itu? Simak paparan berikut ini:
  1. Orientasi mendekatkan diri kepada Allah SWT Orang yang rendah hati memiliki kecondongan kepada kebenaran. Maka orang yang rendah hati itu memiliki sifat senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan Dzikrullah,  Apa yang dimilikinya hanyalah semata milik Allah SWT
  2. Memiliki perkataan dan perbuatan yang santun dan lemah lembut. Tutur kata dan perbuatannya menyenangkan orang lain. Sehingga perangai yang dimiliki adalah lemah lembut, Sabar, dan penuh dengan kebaikan.
  3. Menjauhkan dari sikap sombong, angkuh dan merendahkan orang lain.


Manfaat Rendah Hati

Jika kita memiliki sifat rendah hati, diri kita akan terhindari dari sikap sombong, angkuh dan merendahkan orang lain. Dengan rendah hati kita menghargai orang lain. Karena setiap diri,
kita pasti memiliki kelebihan dan kekurangan bukan?

Nah, sifat rendah hati membuat diri kita tidak angkuh dan sombong, selain itu juga menjadikan dirinya orang yang ber zuhud di jalan Allah. Oleh sebab itu banyak manfaat yang kita peroleh jika kita memiliki sikap rendah hati. Manfaat apa sajakah yang akan kita peroleh?
  1. Allah akan mengangkat derajat dan kedudukan yang mulia.
  2. Disenangi dan dicintai banyak orang Orang yang merendahkan hati bukan berarti merendahkan diri, justeru kerendahan hati akan mengakibatkan simpati dan empati dari orang lain. Sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW Karena keluhuran budi pekerti dan kerendahan hatinya, membuat kaum kafir tunduk dan simpati dengan ajakar risalah beliau.
  3. Terhindar dari sifat sombong dan dhalim Yang menjadi penyebab diusirnya iblis dari syurga Allah adalah karena keangkungan dan kesombongan dirinya ketika diperintahkan oleh Allah SWT untuk sujud kepada Nabi Adam a.s. Namun, karena merasa dirinya lebih baik dibandingkan Nabi Adam a.s. enggan untuk menjalankan perintah Allah SWT Oleh karena itu, sikap rendah hati akan dapat memberikan manfaat kepada kita untuk tidak memiliki sikap sombong dan dhalim.
Demikianlah artikel yang dapat Jurnalizindo berikan untuk pembaca yang budiman semuanya, sekian dan sampai bertemu lagi di pembahasan lainnya.

0 Response to "Pengertian Rendah Hati beserta Ciri dan Manfaatnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel