Pengertian Sabar dan Tawakal dalam Agama Islam

sabar dan tawakal dalam Islam - pada kesempatan kali ini Jurnalizindo akan membahas mengenai sabar dan tawakal menurut pandangan agama islam, silahkan disimak di bawah ini ya.


Pengertian Sabar

Sabar menurut bahasa berarti "tabah hati" atau "tahan menderita". Jadi sabar adalah tabah menerima penderitaan dari segala cobaan dan ujian. Sabar juga dapat diartikan sebagai suatu sikap konsekwen dan konsisten terhadap perintah Allah. Berani menghadapi kesulitan dan tabah dalam menghadapi coban selama dalam mencapai tujuan.


orang yang bersabar mencerminkan nilai keimanan yang kuat Kedudukan sabar dalam iman bagaikan kepala pada jasad dan tidak ada keimanan tanpa sabar sebagaimana jasa tidak akan berfungsi tanpa kepala. Allah berfirman: 


Artinya : Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.(QS. Al-Baqarah : 153)

Sebagai orang yang beriman hendaklah kita bersabar dengan menahan diri dan berlapang hati. Jauhkan rasa cemas serta was was yang berlebihan. Kembalikan semua yang kita alami kepada Allah Yang Maha Agung dan Maha Mengetahui karena kesabaran akan selalu berujung kebahagiaan, seperti halnya pernyataan Umar bin Al Khaththab "kami dapat merasakan kenikmatan dalam hidup ketika kami mampu bersabar".

Keutamaan orang yang bersabar adalah telah disediakan pahala yang berlipat ganda oleh Allah, seperti yang tertuang dalam Qur'an :


Artinya : Hai hamba-hamba-Ku yang beriman. Bertakwalah kepada Tuhanmu. Orang orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (Qs. Az-Zumar : 10).

Sabar bukanlah suatu sikap yang mudah kita lakukan, tapi juga tidak sulit kita usahakan. Seringkali bila kita dihadapkan dengan suatu situasi yang sulit kita mengatakan sudah habis kesabaranku. Padahal kesabaran itu takkan habis dan tak ada batasnya. Sebagai orang yang beriman hendaknya kita selalu bersikap sabar dalam segala hal dan saling mengingatkan kepada siapa saja yang lupa dengan sikap sabar.


                                                     

"Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran".(QS. Al-Ashr : 2-3)

Dalam ayat tersebut jelas bahwa manusia itu berada dalamkerugian apabila tidak saling mengingatkan dalam hal kebaikan juga saling mengingatkan untuk bersabar


Pengertian Tawakal

Kata tawakal berasal dari kata "tawakkala" artinya bersandar/berserah diri. Secara istilah berarti sikap menyerahkan diri dari segala urusan hanya kepada Allah setelah berikhtiar dan berdoa secara maksimal. Allah memerintahkan manusia untuk bertawakal agar Allah selalu menolong di setiap keadaan. Allah berfirman :

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ (159إِنْ يَنْصُرْكُمُ اللَّهُ فَلَا غَالِبَ لَكُمْ وَإِنْ يَخْذُلْكُمْ فَمَنْ ذَا الَّذِي يَنْصُرُكُمْ مِنْ بَعْدِهِ وَعَلَى اللَّهِ فَلْيَتَوَكَّلِ الْمُؤْمِنُونَ (160)


Artinya : Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu Berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, Maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai  orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (QS. Ali-Imran :159-160)

Sekian artikel pembahasan mengenai sabar dan tawakal menurut agama islam, semoga bermanfaat semuanya.

0 Response to "Pengertian Sabar dan Tawakal dalam Agama Islam "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel