Struktur Sel Prokariotik dan Penjelasan Lengkapnya

Struktur sel prokariotikSel prokariotik tidak memiliki membran inti sehingga bahan inti yang berada dalam sel mengadakan kontak langsung dengan protoplasma.Sel prokariotik juga tidak mempunyai sistem endomembran (membran dalam) seperti reticulum endoplasma dan golgi kompleks,Juga tidak memiliki mitokondria maupun kloroplas.Tetapi memiliki struktur yang berfungsi sama dengan keduanya yaitu mesosom dan kromatofor. 
struktur sel prokariotik
Sumber : Google
Sel prokariotik juga memiliki membrane plasma, nucleoid berupa DNA dan RNA, serta sitoplasma yang mengandung ribosom. Contoh sel prokariotik adalah dunia monera yaitu bakteri (Arcahebacteria dan Eubacteria) dan ganggang biru (Cyanobacteria).

Adapun bagian-bagian dari sel bakteri adalah sebagai berikut :


1. Dinding sel

dinding sel tersusun atas peptidoglikan, lipid dan protein,fungsi dinding sel adalah untuk pelindung danpemberi bentuk agar tetap. Pada dinding sel terdapat pori-pori untuk keluar masuknya molekul-molekul.


2. Membran Plasma 

tersusun atas lipoprotein yang bersifat selektif permeable. Berfungsi sebagai pelindung molekuler sel terhadap lingkungan di sekitarnya, dengan jalan mengatur lalu lintas zat dan ion-ion dari dalam.


3. Sitoplasma

tersusun atas ai, protein, lipid, mineral dan ensim yang berguna untuk membantu proses metabolisme baik proses anabolisme maupun katabolisme.


4. Mesosom 

kadang-kadang pada tempat tertentu, membran plasma melekuk ke dalam membentuk bangunan yang di sebut mesosom.Yang berfungsi seperti mitokondria yaitu untuk penghasil energi. Pada membran mesosom terdapat ensim-enzim pernapasan yang berperan dalam reaksi oksidasi untuk menghasilkan energi.


5. Ribosom

tempat sintesa protein.


6. DNA

DNA atau asam deoksiribonukleat yang berfungsi sebagai pembawa informasi genetic yaitu sifat-sifat yang harus diwariskan kepada keturunanya atau sering disebut sebagai materi genetik. DNA dalam sel prokariotik tidak terstruktur dalam bentuk nucleus. DNA terdapat dalam nuclear area atau nucleoid tidak diselubungi oleh membran. Kromosom pada bakteri berbentuk sirkuler ,tidak mempunyai nucleolus.


7. RNA

RNA atau Asam ribonukleat yang merupakan persenyawaan transkripsi DNA. Bagian DNA melakukan transkripsi membentuk RNA. RNA berfungsi untuk membawa kode-kode genetik yang akan diterjemahkan dalam bentuk urutan asam amino pada proses sintesa protein.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel