5 Faktor Penyebab Kemunduran dan Keruntuhan Bani Umayyah

Keruntuhan Daulah Umayyah - Daulah Umayyah yang telah lama dibangun (41H/750 M-132 H/661 M, melemah dan membawanya kepada keruntuhan. 


Keruntuhan daulah umayyah

Adapun faktor-faktor yang memicu keruntuhan adalah :

1. Konflik di antara anggota keluarga istana. Tidak adanya aturan yang pasti dalam peralihan kepemimpinan atau khalifah menyebabkan terjadinya konflik ini. 

Di antara 14 khalifah Daulah Umayyah, hanya empat khalifah (Muawiyah bin Abi Sufyan, Yazid bin Muawiyah, Marwan bin Hakam, dan Abdul-Malik bin Marwan) yang sudah jelas mengalihkan kekuasan kepada keturunannya.

2. Munculnya berbagai kelompok yang memberontak dan merongrong kekuasaan Daulah Umayyah. Kelompok Syi'ah yang terus menganggap Daulah Umayyah telah merebut kekuasaan Ali bin Abi Thalib menjadi penentang utama pemerintahan.

3. Daulah Umayyah terlalu mementingkan golongan Islam Arab. Kaum Muslim non-Arab seperti Persia merasa kecewa karenamereka diposisikan sebagai kalangan Mawali (orang-orang budak).

4. Gaya hidup mewah di kalangan istana menyebabkan orang-orang shalih kecewa, karena perhatian penguasa terhadap agama menjadi kurang. Di samping itu, gaya hidup mewah mengakibatkan anak-anak khalifah tidak sanggup memikul beban berat pemerintahan.

5. Muncul kekuatan yang menggulingkan kekuasaan Daulah Umayyah. Gerakan ini dipelopori oleh keturunan Abbas bin Abdul-Muththalib yang mendapat dukungan Bani Hasyim, kelompok Syi'ah, dan kaum Mawali.

Demikian artikel mengenai faktor yang menyebabkan keruntuhan daulah umayyah di damaskus. Semoga bermanfaat

0 Response to "5 Faktor Penyebab Kemunduran dan Keruntuhan Bani Umayyah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel