10 Cara Menghormati Guru yang Perlu Dibiasakan dari Kecil

Cara Menghormati Guru - Guru merupakan orang yang sangat berjasa bagi kita dalam memberikan pengetahuan sekaligus pendidikan Akhlaq yang baik bagi murid-muridnya. Ia mengajari mereka cara membaca, berhitung, berpikir, dan sebagainya.


Cara MEnghormati Guru

Guru juga mengajarkan kita nilai-nilai moral yang akan sangat berguna sekali bagi kehidupan yang akan datang, maka dari itu menghormati guru harus dilakukan untuk membalas kebaikannya.

Baca : 22 Cara Menghormati Teman yang Perlu dibiasakan dai Kecil

Menurut berbagai sumber yang telah kami rangkum sedikitnya ada 10 cara menghormati guru yang perlu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari kita.


1. Apabila bertemu mengucap salam 

Hendaknya ketika bertemu guru kita baik di sekolah ataupun di tempat lainnya kita perlu menyapa dan mencium tangannya.


2. berkata lemah lembut serta rendah hati

Saat berbicara dengan seseorang yang lebih tua kita harus berkata dengan tutur kata yang sopan, tidak dengan kasar.


3. Mematuhi Perintah yang diberikan dengan baik

Sela perintah yang diberikan itu memiliki nilai positif  maka kita harus menerimanya dengan senag hati, namun jika tidak baik kita perlu mengingatkan dengan kata-kata yang baik.


4. Menyimak dan mendengarkan dengan baik ketika guru menerangkan

Saat sedang suasana belajar kita tidak boleh mengobrol sendiri, usahakan fokus pada apa yang diterangkan karena itu berguna untuk diri kita.


5. Menyenangkan Hati Guru

Kita harus berusaha menyenangkan hati bapak dan ibu guru kita sehingga mood untuk mengajar semakin besar dan meyakini bahwa murid-muridnya sangat percaya padanya.


6. Meminta maaf jika berbuat salah

Tidak perlu malu dan takut untuk mengakui kesalahan baik yang disengaja maupun tidak, jika menjelaskan dengan alasan yang jelas maka guru pasti akan memaafkannya.


7. Meminta izin jika akan melakukan sesuatu

Hendaknya setiap akan melakukan suatu kegiatan di dalam lingkungan sekolah harus mendapat persetujuan dari guru, contohnya ketika kita akan ke kamar kecil.


8. Mengucapkan "terimakasih"pada guru

Saat guru selesai mengajar ataupun menjelaskan sesuatu hal yang tidak kita mengerti menjadi suatu hal yang wajib bagi kita mengucap terima kasih sebagai bentuk penghargaan.


9. Menerima semua nasehat guru dengan baik

Saat guru menasehati kita bukan berarti ia marah, justru itu sebagai bentuk peduli kepada anak didikannya. Dengarkan dengan baik, jika ingin menyela hendaknya dengan sopan dan lemah lembut.


10. Tidak melawan, menipu, dan membuka rahasia guru

Sebagai murid yang baik kita tidak boleh membuka rahasia guru ataupun melakukan hal tidak terpuji lainnya karena akan mencoreng nama baik guru kita.

Demikian artikel mengenai 10 cara menghormati guru yang perlu dibiasakan dari kecil agar kita menjadi murid yang tidak hanya berbakti pada orang tua, tetapi juga pada guru-guru kita yang telah banyak memberikan pendidikan dan pengetahuan. Sekian

0 Response to "10 Cara Menghormati Guru yang Perlu Dibiasakan dari Kecil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel