7 Manfaat Omega 3 bagi Manusia yang Perlu Diketahui

Banyak riset menunjukkan manfaat yang sangat luas dari Omega 3. Mulai dari sebagai asam lemak esensial yang membantu mengurangi depresi, hipertensi, dan penyakit jantung hingga sebagai nutrisi penting bagi perkembangan otak anak.

Omega 3 merupakan sesuatu yang tidak dapat dilupakan dalam menjaga kesehatan.Apa itu Omega 3 dan manfaatnya?. Omega 3 merupakan asam polyunsaturated atau “lemak baik” esensial yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan otak. Tubuh manusia, tidak dapat memproduksi asam lemak esensial.

Manfaat Omega 3 bagi Manusia
Jadi asam lemak esensial harus diperoleh dari mengkonsumsi makanan yang kaya akan Omega 3, seperti tuna, salmon, dan seafood lainnya; atau mengkonsumsi suplemen Omega3 atau suplemen minyak ikan.Selain di dalam ikan dan seafood lainnya, Omega3 juga terdapat di dalam biji-bijian, daging merah, dan telur alami.

Asam lemak ini merupakan asam lemak yang penting bagi perkembangan otak yang normal, serta perkembangan mata dan jaringan saraf manusia. Manfaat dari Omega3, menurut beberapa studi klinis, dapat dikaitkan dengan EPA (eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid).

Melalui studi klinis telah ditemukan banyak manfaat yang terkandung dalam Omega 3, dan diantaranya dijabarkan dibawah ini.

1. Menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung

Suplemen minyak inkan dengan kandungan minimal 900mg minyak ikan dianjurkan bagi orang dengan penyakit jantung. Banyak studi menunjukkan bahwa makanan dengan kandungan Omega3 yang tinggi dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol sehingga menurunkan kemungkinan terjadinya gangguan jantung.

2. Membantu mengurangi depresi 

Riset menunjukkan bahwa beberapa gangguan depresi terkait dengan defisiensi Omega 3. Asam lemak tersebut dapat membantu mengurangi terjadinya gangguan mood dan beberapa kasus depresi.

3. Membantu menghindari Penyakit Alzheimer

Karena Omega3 telah terbukti mampu membantu meningkatkan fungsi otak dan memori, minyak ikan dan sumber suplemen lainnya membantu menjaga sistem saraf dalam tubuh manusia dan membantu mencegah terjadinya penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti Alzheimer.

4. Meningkatkan fungsi mental 

Omega3 telah terbukti mampu meningkatkan daya ingat dan membantu proses belajar. Manfaat tersebut membuat Omega3 menjadi salah satu suplemen terbaik bagi perkembangan otak anak. Riset menunjukkan bahwa ibu yang mengkonsumsi suplemen Omega3 saat mengandung dapat meningkatkan IQ bayi yang dikandungnya.

5. Membantu mencegah alergi

Minyak ikan telah terbukti mampu membantu mengurangi simtom dari infeksi sinus, beberapa alergi makanan, asma, dan kondisi kulit alergi lainnya seperti eczema dan hives.

6. Membantu meningkatkan kesehatan kulit dan rambut 

Sumber Omega3, terutama minyak ikan, mampu membantu mengurangi gangguan kulit dan melindungi kulit dari sinar ultraviolet.

7. Membantu menghindari terjadinya kanker

Salah satu manfaat terpenting dari Omega3 ialah mampu mencegah munculnya kanker. Riset menunjukkan bahwa Omega3 mampu menurunkan resiko terjadinya kanker prostat dan kanker payudara.

Selesai sudah pembahasan mengenai mafaat yang terkandung dalam Omega 3, diharapkan setelah membaca artikel diatas dapat menambah wawasan kita mengenai Omega 3.

1 Response to "7 Manfaat Omega 3 bagi Manusia yang Perlu Diketahui"

  1. Anonymous23:08

    wah banyak juga ya, makanan apa aja yang banyak mengandung omega 3 bro ?

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel