Pengaruh Penyebaran Islam di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan

Pengaruh Penyebaran Islam di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan - Era modern bagi dunia islam adalah masa yang dimulai dari tahun 1900 M dampai sekarang. Pada era modern, kondisi dunia islam lebih banyak bersinggungan bahkan dalam tekanan kolonialisme

Ciri yang paling menonjol pada era modern ditandai sejak munculnya kesadaran nation state yang merupakan bangkitnya masyarakat untuk membentuk negara yang merdeka. Penyebaran Islam di  bidang pendidikan antara lain :

a. Masjid di Era Modern


masjid tetap digunakan sebagai pendidikan ilmu-ilmu agama seperti pengajian-pengajian, pendidikan Al-Qur’an dan Iain sebagainya. Adanya taman pendidikan AI-Qur’an, kelompok-kelompok pengajian dan majelis ta’lim berpusat di masjid. Metode yang digunakan adalah metode halaqoh. Yaitu kelompok-kelompok kajian yang membahas satu tema tertentu dalam satu waktu.
Pengaruh penyebaran islam pada bidang pendidikan
sumber : wikipedia.org
b. Pesantren atau Surau

Pesantren di Minangkabau dikenal dengan istilah surau dan di Semanjung Malaka dikenal dengan istilah pondok. Pesantren adalah sekolah islam berasrama yang bertujuan sebagai tempat memperdalam al-Quran dan sunah rasul dengan mempelajari bahasa arab dan kaidahnya.

pelajarnya tinggal dalam asrama yang dipimpin oleh seorang kiai atau ustadz. Sejarah pesantren bermula dari adanya seorang kiai di suatu tempat, Ialu datang santri yang ingin belajar agama kepadanya. Karena jumlah santri semakin banyak, maka muncul ide mendirikan asrama untuk menginap para santri. Menurut Pigeaud dan de Graaf, berdasarkan aktivitasnya, pesantren telah ada di Nusantara sejak abad ke-16 M,  dengan dibuktikan adanya tempat belajar agama di lereng Gunung Karang, Banten.

Adapun menurut ahli sejarah, Marten Van Bruinessen, dengan melihat nama Iembaga, pesantren baru ada di lndonesia sejak abad ke-18 M, tepatnya tahun 1742 yaitu merujuk pada berdirinya Pesantren Tegalrejo, Ponorogo, Jawa Timur. Pesantren ini didirikan pada masa pemerintahan Sunan Pakubuwono lll. 

c. Madrasah

Madrasah adalah sekolah yang mengajarkan pendidikan umum dengan ciri khas Agama lslam. Ada dua jenis madrasah di lndonesia, yakni madrasah yang hanya mengajarkan Pelajaran Agama lslam yang disebut madrasah diniyah dan yang mengajarkan Agama lslam dan pelajaran umum disebut Madrasah.

d. Pendidikan Tinggi Islam

Pada tingkat pendidikan tinggi, dikembangkan pendidikan tinggi lslam. Berdasarkan pengelolaanya, pendidikan tinggi lslam di lndonesia ada dua jenis, yakni pendidikan tinggi yang dikelola pemerintah dan yang dikelola swasta. Pendidikan tinggi Islam negero, seperti lAlN, UlN, STAIN. Perguruan tinggi lslam swasta, seperti STAlNU, UMM, UAD, Ull, UMY, UHAMKA dan banyak universltas lslam swasta yang lain.

Selain ke-empat poin mengenai penyebaran islam dalam bidang pendidikan, ternyata pengaruh islam dalam bidang sosial dan budaya akibat dari akulturasi juga tidak sedikit, oleh karena itu dengan mengetahui hal ini semoga menambah keingin tahuan pembaca sekalian.

0 Response to "Pengaruh Penyebaran Islam di Indonesia Dalam Bidang Pendidikan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel